Apakah telur rebus benar-benar bermanfaat atau berbahaya?

wonosegoro.com, Telur adalah makanan favorit banyak orang, telur memiliki banyak cara pengolahan yang berbeda dan dapat menciptakan banyak masakan yang lezat.

Telur langka menjadi sajian yang sudah tidak asing lagi bagi kita, apalagi bagi para pria, sajian telur rekombinasi dengan mi instan menjadi sajian favorit mereka. Namun, makan telur langka baik atau buruk untuk kesehatan Anda, tahukah Anda? Mari kita pergi dengan Administrator Jaringan untuk menemukan jawaban untuk membuat pilihan yang paling cocok untuk hidangan ini.

Telur adalah salah satu makanan tersehat di dunia. Telur mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti protein, lemak sehat, kolin.. membantu melindungi mata dan meningkatkan kesehatan.

Dengan telur, kita bisa mengolahnya menjadi berbagai masakan yang menarik untuk keluarga seperti: direbus, digoreng, dikukus dan terutama hidangan kuning telur dikatakan sebagai cara makan terbaik untuk dapat menyerap semua mineral dan vitamin. telur yang dimasak

Nutrisi yang ditemukan dalam telur rebus

Kuning telur kaya akan protein, lemak dan vitamin, mineral, serta antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan terutama mata.

Baca Juga: Cara merekam panggilan secara otomatis di ponsel OPPO

Banyak orang yang memiliki preferensi telur hanya makan putihnya dan tidak suka kuningnya. Padahal, makan seperti itu tidak baik karena sebagian besar nutrisi terkonsentrasi di kuning telur, sedangkan putihnya hanya banyak mengandung protein.

Manfaat makan telur rebus

Meningkatkan vitamin D untuk tubuh : Selain sinar matahari memberikan tubuh vitamin D dalam jumlah alami, telur juga merupakan sumber yang kaya vitamin D. Telur mentah mengandung sekitar 36% vitamin D. D, membantu mengatur sistem saraf, sistem kardiovaskular, osteoporosis dan otak. Selain itu, telur juga mengurangi risiko katarak serta merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. Jika di musim dingin Anda merasa tidak mendapatkan cukup vitamin D untuk tubuh Anda dari sinar matahari, maka gunakan kuning telur sebagai gantinya.

Lebih banyak omega-3 disediakan : Banyak orang memiliki kebiasaan makan telur rebus, tetapi jika dimasak terlalu keras, lemak sehat dalam telur akan berubah menjadi zat yang membuat tubuh terasa sulit, sulit diserap. Oleh karena itu, untuk memastikan nutrisi serta kesehatan yang baik, nikmati telur rebus daripada telur matang, karena telur rebus membantu tubuh menyerap asam lemak omega-3 sepenuhnya, membantu mengurangi penurunan berat badan. mengurangi kolesterol jahat, mengurangi kecemasan.

Vitamin A dalam telur membantu menjaga mata tetap cerah : Wanita membutuhkan 700 mikrogram vitamin A per hari sementara pria membutuhkan sekitar 900 mikrogram. Makan satu telur rebus bisa mendapatkan sekitar 74 mikrogram. Nutrisi ini membantu mata Anda berfungsi lebih baik. Ganti telur goreng dengan telur rebus setiap pagi. Telur rebus mengandung vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit, gigi, dan tulang.

Tambahkan lebih banyak biotin : Biotin adalah vitamin B yang sangat penting untuk rambut indah, kulit indah, kuku kuat, mendukung fungsi kelenjar tiroid dan adrenal, serta mencegah risiko penyakit kardiovaskular. . Selain itu, biotin meningkatkan metabolisme yang lebih produktif.

Dapatkan lebih banyak Kolin : Kolin adalah nutrisi penting yang mirip dengan vitamin B, dan sering dikelompokkan bersama sebagai anggota vitamin B kompleks (vitamin B kompleks). ). Kolin membantu menjaga fungsi sel-sel otak, dan penting untuk perkembangan dan fungsi otak secara keseluruhan. Kandungan kolin dalam 1 butir telur rebus mencapai 113 mg, jauh lebih tinggi dari daging dan sayuran, ikan bersirip, sehingga para ahli merekomendasikan makan kuning telur untuk melengkapi 20% kolin tubuh.

Bahaya makan telur rebus

Meski telur rebus merupakan makanan dengan banyak manfaat bagi tubuh, ada juga efek berbahaya yang membuat konsumen menganggap telah memilih sumber telur yang terjamin untuk menghindari efek berbahaya bagi tubuh.

Menyerap lebih sedikit protein: Telur adalah makanan yang menyediakan hingga 9 asam amino penting bagi tubuh, termasuk protein yang tidak dapat disintesis oleh tubuh kita sendiri. Untuk lebih menyerap jumlah protein saat makan telur, para ahli mengatakan bahwa lebih baik makan telur matang daripada telur mentah. Karena telur yang dimasak menyediakan hingga 90% protein, sedangkan telur mentah hanya memiliki 50%, jadi Anda harus mempertimbangkan sebelum memilih.

Telur mentah dapat terkontaminasi: Telur langka atau mentah mengandung bakteri salmonella di kulit telur dan kuning telur. Bakteri ini menyebabkan keracunan makanan. Gejala keracunan termasuk sakit perut, diare, mual, demam, dan sakit kepala. Mereka akan muncul setelah 6-48 jam dari makan telur dan bisa bertahan dari 3-7 hari.

Catatan untuk menghindari makan terlalu banyak telur mentah atau mengonsumsi makanan yang mengandung seperti mayonaise, krim, ..


Orang-orang berikut ini paling rentan terhadap infeksi salmonella:

Ibu hamil : Ibu hamil tidak dianjurkan makan telur setengah matang, karena beberapa bakteri yang ada dalam telur mentah akan menyebabkan ibu hamil mengalami kram pada rahim, sehingga mudah menyebabkan risiko melahirkan, prematur atau lahir mati. Tak hanya itu, kuning telur mengandung bahan yang bisa menyebabkan pilek pada ibu hamil.

Anak-anak, bayi : Meskipun kuning telur mengandung banyak kolin, sangat bermanfaat untuk perkembangan otak anak. Namun daya tahan tubuh anak masih terlalu lemah, jika makan telur mentah bisa dengan mudah terinfeksi bakteri penyebab penyakit.

Lansia : Ada banyak faktor yang membuat lansia rentan terhadap bakteri ini, misalnya usia tua mempengaruhi fungsi sistem pencernaan.

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah : Bagi orang dengan riwayat penyakit seperti diabetes, HIV atau tumor, perlu untuk membatasi makan telur mentah atau langka secara maksimal.

Bagaimana cara mengurangi risiko infeksi bakteri?

  • Beli telur bersih.
  • Simpan telur di lemari es. Karena jika Anda meninggalkan telur pada suhu kamar, bakteri akan berkembang biak dengan cepat.
  • Telur kadaluarsa tidak boleh dibeli atau dikonsumsi.
  • Buang telur kanker yang retak.

Posting Komentar